Memilih Jenis Sabun yang Sesuai dengan Jenis Kulit

mengenal jenis jenis sabun mandi dan manfaatnya
Adalah hal yang wajar kalau semua orang tentu ingin kulitnya nampak bersih, segar dan juga selalu sehat. Oleh sebab itulah, mandi rutin sehari dua kali menjadi langkah sederhana yang berperan sangat penting dalam menjaga kesehatan maupun kebersihan dan kesegaran kulit. Nah, sabun adalah bagian yang sangat penting tentu dalam mandi. Mengingat bahwa memang jenis-jenis sabun ada cukup banyak, maka jadi hal yang penting untuk kita bisa memilih satu jenis sabun yang tepat untuk kulit. Tidak semua jenis sabun bisa cocok dengan kulit kita. Jika kita kurang tepat memilih jenis sabun mandi, maka bisa jadi hal ini akan berdampak tidak baik terhadap kesehatan kulit kita.

Jenis kulit terbagi antara lain adalah kulit kering, kulit berminyak dan juga ada kulit sensitif. Pemilihan sabun mandi jangan sampai hanya berdasarkan pada keinginan untuk tampil bersih dan segar saja, ingatlah bahwa salah satu fungsi penting dari sabun adalah untuk menjaga kesehatan kulit. Sehingga dengan cukup banyaknya jenis-jenis sabun, selektif dalam memilih satu diantaranya merupakan hal yang penting. Beberapa hal yang memungkinkan terjadi apabila kita tidak dapat menyesuaikan pemilihan jenis sabun dengan jenis kulit kita adalah kulit bisa mengalami iritasi, gatal, kering maupun masalah kulit yang lainnya. Bahkan juga kandungan sabun yang iriatif pun bisa memicu kulit kering, gatal maupun kemerahan pada mereka yang memiliki jenis kulit sensitif. Lantas, dari sekian banyak jenis-jenis sabun yang ada, bagaimana untuk menentukan jenis sabun yang terbaik digunakan pada jenis kulit yang kita miliki ? Simak berikut ini panduan sederhana dalam memilih sabun yang sesuai dengan jenis kulit :

Untuk Kulit Berminyak – mulai dari jenis kulit berminyak, jenis kulit yang satu ini memiiki sisi keunggulan yakni kulitnya lembab dan kenyal. Akan tetapi, disamping itu ada juga kekurangannya, dimana kulit berminyak dapat memicu perkembangbiakan bakteri yang lebih cepat di kulit. Sabun yang tepat dipilih oleh pemilik jenis kulit berminyak adalah sabun antibakteri yang berbahan lembut seperti madu untuk meminimalisir perkembangbiakan bakteri di kulit. Untuk membersihkan kulit berminyak, sabun berbahan yang lembut seperti gliserin ialah jenis yang tepat dipilih. Selain itu, sabun maupun produk berbahan gandum pun dapat dipilih. Untuk pemilihan sabun anti bakteri dan kuman, Lifebuoy bisa jadi andalannya.

Untuk Kulit Kering – diantara berbagai jenis-jenis sabun yang ada, sabun yang mengandung pelembab alami dan bebas pewangi adalah jenis sabun yang cocok untuk dipilih pemilik kulit kering. Contohnya seperti sabun yang dilengkapi dengan kandungan minyak zaitun, atau kandungan cocoa butter dan lain-lain. Pemilik kulit kering tidak disarankan untuk memakai sabun anti bakteri ataupun yang mengandung detergen. Pasalnya, pemilihan jenis sabun tersebut hanya dapat meningkatkan resiko terjadinya iritasi kulit sehingga memicu terjadinya peradangan kuklit dan bisa semakin mengurangi produksi minyak alami pada kulit.

Untuk Kulit Kombinasi – jenis kulit kombinasi ini tidaklah lain adalah terdiri dari kulit kering dan berminyak, yang mana kondisinya adalah kulit terasa berisish, kering, gampang teriritasi pada beberapa bagian tertentu, akan tetapi di saat bersamaan terasa berminyak di bagian lain. Pemilik kulit kominasi perlu melakuka perawatan yang lebih kompleks. Pakailah pembersih yang lembut dan minim bahan kimia. Pada area kulit yang kering, jenis sabun yang mengandung pelembab adalah pilihan untuk anda diantara banyaknya jenis-jenis sabun. Sedangkan di area kulit berminyak, anda perlu sabun pembersih yang memiliki kandungan benzoyl peroxide untuk mencegah timbulnya peradangan.

Untuk Kulit Sensitif – sabun yang tepat untuk dipilih adalah yang tanpa pewangi dan juga yang memiliki tingkat pH seimbang alias pH balanced. Anda bisa menggunakan sabun bayi, yang mana seperti yang kita tahu bahwa kulit bayi sangat sensitif sehingga pembuatan sabun bayi disesuaikan dengan kulit bayi yang masih sensitif. Sama halnya dengan kulit anda yang berjenis kulit sensitif.

Referensi Artikel: http://www.lifebuoy.co.id/article/detail/1196554/mengenal-jenis-jenis-sabun-mandi